Pages

Kamis, 25 Oktober 2018

Perbedaan Sistem Penulisan

Perbedaan Penulisan Mushaf Al-Qur’an Cetak (2)
Perbedaan Sistem Penulisan
Sahabat Al-Qur’an. Dalam sistem Penulisan Mushaf Al-Qur’an (Rasm al-Qur’an) terdapat dua sistem penulisan yang lazim digunakan.
Pertama, sistem penulisan dengan Rasm Qiyasi atau Rasm Imla’i. Ialah penulisan kata sesuai dengan pelafalan atau bacaannya.
Namun, Penting untuk dicatat, bahwa kata-kata yang sudah masyhur dan baku, seperti ar-Rahman (الرحمن), as-salah (الصلوة), az-zakah (الزكوة), ar-riba (الربوا), dan beberapa kata lainnya, seperti zalika (ذلك), ha’ula’i (هؤلاء), maka penulisannya tetap sebagaimana tulisan yang masyhur, sehingga tidak berbeda dengan Mushaf yang ditulis dengan Rasm Usmani.
Jadi, yang dituliskan dengan menggunakan Rasm Qiyasi ialah terhadap kata-kata yang tidak memiliki tulisan baku. Dengan kata lain, tidak ada satupun Al-Qur’an yang ditulis seluruhnya dengan rasm qiyasi atau rasm imla’i.
Kita ambil Contoh, Al-Baqarah 2-3. Dalam kedua ayat ini yang ditulis dengan rasm qiyasi ialah (الكتاب) dan (رزقناهم) keduanya ditulis dengan alif setelah Ta’ dan setelah Nun. Sementara (ذلك) dan (الصلوة) tetap ditulis dengan tulisan yang masyhur yang sama dengan penulisan dengan rasm usmani.
Adapun Mushaf yang ditulis dengan Rasm Qiyasi atau Imla’i seperti Mushaf Turki, Mushaf Menara Kudus (Mushaf Turki), dan Mushaf Indonesia jenis Bahriyyah.

Kedua, Sistem Penulisan dengan Rasm Usmani, yaitu sistem penulisan Al-Qur’an sebagaimana yang telah ditulis pada masa Khalifah ketiga, Usman bin Affan, oleh tim yang dipimpin oleh Sahabat Zaid bin Sabit. Penamaannya dengan Rasm Usmani adalah karena dinisbahkan kepada khalifah Usman bin Affan sebagai khalifah yang memerintahkan penulisan kembali Al-Qur’an pada masa itu.
Dalam Rasm Usmani terdapat dua riwayat paling masyhur yang diikuti, yang dikenal dengan sebutan Syaikhani fi ‘ilm ar-Rasm al-‘Usmani (Dua ulama yang kredibel dalam ilmu Rasm Usmani) yaitu:
1. Riwayat Abu ‘Amr Ad-Dani, yang lebih dikenal dengan Ad-Dani (w. 444 H) dalam kitab Al-Muqni’ fi Ma’rifati Marsum Masahif Ahl al-Amsar.
2. Riwayat Abu Dawud Sulaiman bin Najah yang dikenal dengan Abu Dawud (w. 496 H.) dalam Mukhtasar at-Tabyin li Hija’ at-Tanzil.
Kebanyakan Mushaf cetak yang beredar di dunia saat ditulis dengan menggunakan Rasm Usmani. Letak perbedaannya pada pilihan yang riwayat yang diikuti. Mushaf Indonesia, Libya, Bombay, dan Iran mengikuti riwayat Ad-Dani. Sementara Mushaf Madinah, Mesir, dan Mushaf dari beberapa negara lainnya yang merujuk kepada keduanya, mengikuti riwayat Abu Dawud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar